Alamat rumah

Alamat : Plawan,Desa Girimulyo,Ngargoyoso.Karanganyar,Surakarta,Jawa tengah 57793
SMS/Telp ke: Mob: +97466552452 (Qatar),Mob: +6281393881465 (Indonesia)

Jumat, 15 Oktober 2010

Petunjuk teknis pembuatan kandang sapi

   Sapi adalah layaknya makhluk hidup yang memerlukan makan,minum dan juga kasih sayang dari manusia.Kalo boleh dan bisa ditanya,mereka mereka pun butuh perlindungan,hiburan bahkan tempat yang nyaman.
Sering kali kita sebagai manusia mengabaikan hak hak mereka yang sebenarnya dengan semua itu manusia akan diuntungkan dari sapi sapi tersebut.
    Saya teringat pesan dari salah satu teman saya yang diklaten,beliau adalah seorang pengusaha pakan ternak dan Peternak kelinci dan pada saat itu beliau baru mengkaji cara berternak hewan dengan mengenal psikologis tentang ternak,beliau mengatakan kepada saya untuk memperlakukan hewan hewan ternak layaknya kita hidup yang membutuhkan kelayakan dan kenyamanan hidup dan jangan sekali kali memukul hewan ternak.
     Kandang adalah salah satu unsur yang diperlukan keberadaannya dalam berternak sapi.
Banyak sekali yang harus diperhatikan dalam pembuatan kandang agar hewan ternak dapat hidup baik dan sehat karena hal ini juga berpengaruh terhadap produktivitas hewan itu sendiri.
Kandang yang baik meliputi berbagai faktor yang perlu diperhatikan,Seperti halnya Type kandang,Bahan lantai,kemiringan lantai,Tempat dan lorong pakan dan masih banyak lagi.
      Panduan buku dari pusat penelitian dan pengembangan ternak di situs yang saya kutip dibawah ini saya rasa sangat representatip untuk kita tiru dalam merencanakan kandang yang baik.

http://lolitsapi.litbang.deptan.go.id/eng/images/dokumen/pkndngan.pdf        

Kayanya bisa dicoba setelah kita membuat kandang,untuk kita tempatin dan kita tidurin terlebih dahulu,sebelum ternak ternak kita menempati dan meniduri kandang tersebut.
kalo anda anda merasa nyaman dan merasa enak menempati kandang itu,demikian juga hewan hewan ternak anda akan merasa nyaman pula.

Maju terus peternak indonesia......!

Salam peternak 
Sriyanto
 



2 komentar:

  1. Test:

    Intinya " CARI MAKAN DENGAN CARA MEMBERI MAKAN INI" perlu pengetahuan dan ke seriusan. Jangan lupa sapi sakit harus segera diobati biar gak nular ke yang lain.Kalau perlu panggil DOKTER .....Hewan!!!
    Jangan lupa kita harus disiplin dan tepat waktu,biar sapi-sapinya gak protes karena sering telat ngasih pakan. He..he..he....

    "KITA BISA KALAU KITA MAU"

    Salam sukses

    BalasHapus
  2. Sapi bilang...: Makasih om Sri. Kasih sayang mu sungguh tulus.

    Selamat dan sukses selalu buat NHF.

    BalasHapus